Home » Peta Politik Berubah Sosok ini Kuat Jadi Cawapres Ganjar
Berita Indonesia Politics Politik

Peta Politik Berubah Sosok ini Kuat Jadi Cawapres Ganjar


Jakarta, CNBC Indonesia – Sosok yang menjadi Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) dari Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo mulai terungkap. Hal ini disebut oleh seorang politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Muhammad Romahurmuziy, menyebut peluang Sandiaga Salahuddin Uno menjadi cawapres Ganjar Pranowo semakin besar.

Hal ini diungkapkan Romahurmuziy setelah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar resmi mendukung Prabowo Subianto Djojohadikusumo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Komposisi ini memperbesar peluang Ketua Bappilu PPP, Pak Sandi, sebagai cawapres Mas Ganjar,” katanya dalam keterangan tertulis pada awal Agustus lalu.

Sebagai informasi, Sandiaga saat ini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf). Pada Juni 2023, ia ditunjuk sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP.

Romahurmuziy menyebut semua partai di pihak Ganjar akan jor-joran dalam mendukung kader PDI Perjuangan tersebut dalam Pilpres 2024 mendatang. Bahkan, pihaknya akan membentuk relawan ‘Sarung Ganjar’ yang terdiri dari santri-santri pendukung Ganjar.

“Ini bentuk dukungan nyata para santri kepada Mas Ganjar yang adalah keluarga besar santri,” tambahnya.

Saat ini calon presiden semakin mengerucut ke tiga calon yakni Anies Rasyid Baswedan, Prabowo dan Ganjar.

Sebelumnya, selain Sandiaga, sederet nama disebut-sebut akan menjadi pendamping Ganjar Pranowo untuk bertarung di Pilpres 2024. Mereka adalah Erick Thohir, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga Andika Perkasa.

Dengan bergabungnya Muhaimin Iskandar ke poros Prabowo dan AHY ke poros Anies, tinggal menyisakan tiga sosok bacawapres, yakni Erick Thohir, Sandiaga, dan Andika Perkasa.

Sumber : CNBC Indonesia

Translate