Home » Pleno DPSHP Di Purwokerto Timur, Antusias Partai Politik Rendah
Featured Global News Indonesia News Politics

Pleno DPSHP Di Purwokerto Timur, Antusias Partai Politik Rendah


PURWOKERTO TIMUR, BAWASLU BANYUMAS-Antusias Partai Politik dalam mengikuti rapat Pleno Terbuka penyusunan DPSHP terbilang rendah. Fenomena itu terjadi di Rapat Pleno tingkat Kelurahan se Purwokerto Timur yang dilangsungkan pada Senin, 8 Mei 2023 lalu. Perwakilan partai politik yang menghadiri rapat tersebut paling banyak lima orang, dan paling rendah dua orang pada setiap kelurahan.

“Dari hasil pengawasan, menunjukan bahwa di Kelurahan Kranji dihadiri oleh 2 perwakilan partai politik saja,” kata Rifki, Anggota Panwaslu Purwokerto Timur, Divisi HPPH.

Rifki menambahkan, perwakilan Parpol di Arcawinangun, Purwokerto Lor dan Mersi berjumlah masing-masing 5 orang. Sementara di Purwokerto Wetan dan Sokanegara berjumlah masing-masing 4 orang perwakilan Parpol.

Jika dibandingkan dengan jumlah Parpol peserta Pemilu 2024 yang berjumlah 18, maka kehadiran parpol tersebut hanya mencapai 27%.

“Ini adalah jumlah yang sangat sedikit. Padahal penyelenggara Pemilu membutuhkan kehadiran mereka sebagai sumber saran dan masukan dalam kegiatan,” kata Rifki.

Menanggapi itu, Agus sebagai Anggota PPS Kelurahan Arcawinangun mengatakan bahwa hal itu disebabkan karena minimnya kepengurusan partai politik di tingkat kelurahan. Bahkan di tingkat kecamatanpun, sambung Agus, masih sedikit Parpol yang ada pengurusnya.  (Rifki/Humas Panwaslu Purwokerto Timur)

Sumber: Banyumas Bawaslu

Translate