Home ยป RGP Ajak Masyarakat Tolak Politik Identitas
Featured Global News Indonesia News Politics

RGP Ajak Masyarakat Tolak Politik Identitas


jpnn.com, JAKARTA – Sukarelawan Ganjar Pranowo Relawan Garuda Pancasila (RGP) mengajak masyarakat untuk menolak politik identitas.

Ketua Umum RGP La Ode Umar Bonte mengatakan selain mendukung Ganjar Pranowo adalah untuk merekatkan hubungan sesama anak bangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia. RGP pun menolak politik identitas salah satunya yang membawa agama dalam kontestasi politik terutama dalam Pemilu dan Pilpres 2024.

“Kami menolak mereka yang tidak mencintai keragaman, dan membawa-bawa agama ke politik yang bertujuan untuk membuat semua anak bangsa tercerai-berai,” ujar La Ode Umar Bonte, kepada wartawan saat meresmikan Sekretariat DPP RGP di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (12/5). Bonte sapaan akrabnya, kembali menekankan bahwa Pancasila harus diletakkan sebagai perekat bangsa dan negara. Bonte menilai siapapun yang tidak mengedepankan Pancasila didalam kehidupan politik maka bukan bagian dari Indonesia.

“Ketika seseorang dalam konteks politik tidak mengedepankan Pancasila adalah bukan Indonesia. Kita harus saling bahu-membahu untuk membangun bangsa dan negara ini. Karena, ada kompetitor yang berusaha menghancurkan sistem demokrasi yang tidak baik,” ucap pria asal Kendari, Sulawesi Tenggara tersebut. Ketua Umum KNPI itu mengungkapkan jika ada kandidat calon presiden nanti yang memaksa-maksa agama masuk ke dalam politik, maka dia meminta RGP mengantisipasi hal tersebut.

Bonte juga mengajak masyarakat memilih Ganjar Pranowo sebagai presiden ke-8 Indonesia. Karena, sosok tersebut memahami nasionalisme dengan Pancasila, yang mana itu bukan untuk agama, kelompok ataupun kepentingan tertentu. “Boleh kita memiliki perbedaan pilihan, namun jangan sampai didalam konteks politik agama didorong-dorong masuk kedalamnya. Serta, anti dengan segala sesuatu yang berantentangan dengan Pancasila,” pungkas Bonte. Dalam peresmian Sekretariat DPP RGP itu dihadiri oleh struktur pengurus RGP seperti Dadang Mishal (Dewan Penasehat), Nina Agustina (Sekjen), Kianto Wijaya (Bendum), Perwakilan DPP PDI-P Yanti Sukamdani serta beberapa petinggi relawan Ganjar Pranowo

Sumber: JPNN

Translate