Home » KPU Klaim Sudah Tegur TKN soal Aksi Gibran Saat Debat Capres
Demokrasi Election Indonesia News Politics Politik

KPU Klaim Sudah Tegur TKN soal Aksi Gibran Saat Debat Capres


Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeklaim telah menegur Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran soal aksi cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, yang dianggap memanas-manasi pendukungnya untuk bersorak saat debat capres perdana pada Selasa (12/12) malam WIB.

“Kita sampaikan teguran pada rapat evaluasi kemarin,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (18/12).

Dalam rapat evaluasi itu, kata dia, KPU menyampaikan hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan yang disepakati sejak awal.

“Misalkan ada cawapres yang memberikan tanda atau kode atau gerakan yang katakanlah menyemangati pendukungnya, sebenarnya itu tidak boleh,” ujarnya.

Ia menyebut masing-masing tim pasangan capres cawapres telah bersepakat menaati aturan yang dibuat bersama.

“Masing-masing tim pasangan calon menyepakati hal-hal yang sudah disepakati sejak awal itu, supaya kemudian ada peneguhan komitmen supaya tertib, sesuai dengan kesepakatan sesuai dengan pasangan calon dan KPU,” ucapnya.

Pada saat gelaran debat pertama, Gibran tampak berdiri dari kursi dan menggerakkan kedua tangannya untuk membakar semangat kepada para pendukungnya yang hadir dalam gelaran debat itu.

Aksi itu bermula kala capres nomor urut 1, Anies Baswedan bertanya ke Prabowo ihwal putusan MK soal batas usia capres-cawapres. Anies menyinggung ada pelanggaran etika di sana, dan ia menginginkan jawaban sikap dari Prabowo.

Prabowo lantas menjawab bahwa rakyat yang nanti akan memilih. Ia juga menegaskan pakar hukum yang mendampinginya menyebut tidak ada masalah atau pelanggaran hukum dari putusan MK itu.

“Tetapi intinya adalah bahwa keputusan itu final dan tidak dapat diubah. Ya, saya laksanakan. Dan kita ini bukan anak kecil, Mas Anies. Anda juga paham,” kata Prabowo.

Prabowo selanjutnya menegaskan kepada Anies Baswedan bahwa dia tidak takut kehilangan jabatan. Pun menurutnya rakyat yang akan memilih mereka.

“Saya tidak takut tidak punya jabatan, Mas Anies.Sorry ye. Sorry ye, Mas Anies, saya tidak punya apa-apa. Saya sudah siap mati untuk negara ini,” kata Prabowo. Mendengar jawaban Prabowo itu, Gibran langsung bangkit dari kursinya.

Sumber : CNN Indonesia

Translate