Home » Safari Politik Keliling Indonesia Anies Baswedan Sebut Rakyat Kuat Menginginkan Perubahan
Berita Indonesia News Politics Politik Travel

Safari Politik Keliling Indonesia Anies Baswedan Sebut Rakyat Kuat Menginginkan Perubahan


Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyebut masyarakat kuat bersuara menginginkan perubahan.

Hal ini Anies sampaikan berdasar perjalanannya berkeliling ke wilayah-wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir ini.

Menurutnya, setiap menjumpai masyarakat, keinginan untuk adanya perubahan ada di mereka.

“Kami berangkat ke Aceh sampai di Aceh bertemu dengan masyarakat di sana, ketika berjumpa masyarakat satu kata yang selalu berulang perubahan. Kami ke Sumatera Barat, malam hujan ribuan orang tidak menggoyahkan mereka, satu kata perubahan,” ujar Anies saat menyampaikan orasi Kebangsaan Aliansi Masyarakat Madani, Universitas Muhammadiyah Surakarta, pada Sabtu 4 November 2023.

“Dari situ ke Sumatera Utara kami bersilaturahmi mampir ke 8 kota dalam dua hari, di semua tempat ribuan berkumpul sama mengungkapkan kata perubahan. Hari ini tiba di Solo yang jumlahnya luar biasa banyak di tempat ini, mengirimkan satu kata juga Perubahan. Kita menginginkan perubahan,” tambahnya.

Menurut Anies, Indonesia butuh kesetaraan dari berbagai aspek salah satunya soal hukum yang menurutnya terkesan tajam ke lawan tumpul ke kawan.

Ketidakpastian hukum yang sarat akan kepentingan juga menurut Anies merusak tatanan kehidupan di masyarakat.

“Hari ini kita sering menemukan No viral No perhatian, bila menyangkut yang kecil maka mendam kalau yang besar muncul. Kalau menyangkut lawan maka tajam kalau menyangkut kawan tumpul,” katanya.

“Perubahan artinya kita mengembalikan itu semmua, mengembalikan agar proses hukum,” ungkapnya.

Elektabilitas Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan calon presiden-wakil presiden menempati posisi terendah berdasarkan survei terbaru Charta Politika.

Anies-Muhaimin berada di posisi tiga alias terendah di bawah pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Ganjar Pranowo – Mahfud MD menjadi pilihan tertinggi, diikuti Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar,” demikian bunyi keterangan rilis Charta Politika, dikutip Selasa (7/11/23).

AMIN memeroleh 24,3 persen, Ganjar-Mahfud teratas dengan 36,8 persen, sedangkan Prabowo Gibran mengikuti di posisi dua dengan 34,7 persen.

Perolehan suara AMIN ini menunjukkan tren penurunan jika dibandingkan survei yang dilakukan sebelumnya di mana mereka memeroleh 25,8 persen (13-17 Oktober 2023).

Survei Charta Politika ini dilakukan pada tanggal 26 – 31 Oktober 2023, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2400 responden, yang tersebar di 38 Provinsi.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (2.0%) pada tingkat kepercayaan 95%.

Sumber : Warta Ekonomi

Translate