Home Ā» Urutan 2 dalam Survei Indikator Politik, Ini Kata Demokrat Sumbar
Berita Indonesia Politik Sumatera Barat

Urutan 2 dalam Survei Indikator Politik, Ini Kata Demokrat Sumbar


Padang – Partai Demokrat berada pada urutan dua dalam survei elektabilitas partai di Sumatera Barat, yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia pada bulan Juli 2023, di bawah Partai Gerindra.
Kepala Bakomstra DPD Partai Demokrat Sumbar, Ari Prima pun buka suara. Ia mengatakan, pihaknya akan menjadikan survei tersebut sebagai masukan untuk menghadapi Pemilu Legislatif pada 14 Februari 2024 nanti.

“Ini sebagai acuan dan juga penambah energi agar para kader dan bacaleg bekerja keras untuk dapat memenangkan pemilu di Sumatera Barat,” kata Ari kepada wartawan, Sabtu (5/8/2023).

Ari menyebut meningkatnya elektabilitas Partai Demokrat di Sumatra Barat karena kerja keras seluruh kader dan juga Ketua DPD Demokrat Sumbar, Mulyadi. Di mana diketahui Mulyadi juga masuk ke dalam daftar caleg DPR RI dari Partai Demokrat yang punya elektabilitas tinggi berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia.

“Ketua DPD telah menginstruksikan agar seluruh kader terus bergerak dan tidak boleh lelah dan bosan untuk menyapa rakyat,khususnya yg memerlukan bantuan,” ujar Ari.

Pada Pemilu 2019 lalu, Partai Demokrat berada di posisi ketiga dengan meraih 371.058 suara atau 13,6 persen dan berhasil meraih dua kursi DPR RI. Satu orang dari Daerah Pemilihan I yakni Darizal Basir dan Rezka Oktoberia dari Dapil 2.

Dalam survei terbaru yang dirilis Indikator Politik Indonesia, Partai Demokrat berada pada posisi kedua dengan perkiraan total raihan kursi sebanyak 3 kursi yang terdiri dari 1 kursi di dapil Sumbar I dan 2 kursi di dapil Sumbar II.

Posisi pertama masih dipegang oleh Partai Gerindra dengan perkiraan 4 kursi dengan komposisi 3 kursi di dapil Sumbar I dan 1 kursi di dapil Sumbar II. Sedangkan partai politik lainnya yang masih memperoleh kursi DPR-RI yakni PAN, Golkar, Nasdem, PKS utk dapil Sumbar I dan PKS, Golkar, PAN di dapil Sumbar II.

Survei digelar pada periode 26 Juni hingga 10 Juli 2023 dengan melibatkan 1.620 responden yang tersebar di dua dapil Sumbar. Survei ini dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan margin of error sekitar 2,7 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Juga dari hasil survei tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, keluar sebagai nama kandidat cawapres yang favorit di Sumbar.

Berdasarkan simulasi 10 nama yang disurvei, AHY menempati urutan teratas dengan angka 28,1 persen, unggul dari Sandiaga Uno 21,8 persen, Erick Thohir 10,5 persen, Mahfud MD 6,6 persen, Ridwan Kamil 56 persen, Andika Perkasa 22 persen, Airlangga Hartarto 1,6 persen, Muhaimin Iskandar 1,1 persen, Khofifaf Indaparawansa 0,9 persen dan Nasrudin Umar 0,0 persen.

Sumber : Detik.com

Translate