Home ┬╗ Heboh Klaim Dokumen Bocor Berisi Rencana Rusia Akan Aneksasi Belarusia
Defence Europe Featured Global News News Russia Ukraine

Heboh Klaim Dokumen Bocor Berisi Rencana Rusia Akan Aneksasi Belarusia

Dokumen Kremlin diklaim bocor ke sejumlah media yang mengungkap rencana Rusia aneksasi atau mengambil alih Belarusia pada 2030 mendatang.

Dokumen setebal 17 halaman yang berhasil didapat beberapa media Amerika Serikat, termasuk media Ukraina The Kyiv Independent, merinci rencana Moskow menaklukkan Belarusia dan mengacau kemerdekaan negara itu.

Photo via AP

Yahoo News yang melansir laporan itu menyebutkan dokumen didapat dengan hasil kolaborasi dengan the Kyiv Independent dan sejumlah media lain. Mereka adalah Delfi (Estonia), Dossier Center (Inggris), Expressen (Swedia), Frontstory.pl, VSquare, Belarusian Investigative Center (Polandia), S├╝ddeutsche Zeitung dan Westdeutscher Rundfunk (Jerman).

Dalam dokumen tersebut, terdapat langkah-langkah Rusia mengambil kendali penuh bidang politik, ekonomi, dan militer Belarusia di penghujung dekade ini.

Belarusia, menurut dokumen tersebut, harus memiliki mata uang tunggal dan sistem pajak dengan Rusia pada 2030. Media negara itu juga mesti berada di bawah kontrol Kremlin.

Mengutip The Kyiv Independent, Kamis, 23 Februari 2023, militer Belarusia juga harus tunduk terhadap regulasi Rusia. Tak cuma itu, semua produksi militer utama Belarusia juga harus ditransfer dari negara itu ke Rusia. Meski begitu, The Kyiv Independent tidak mempublikasi dokumen tersebut. Oleh sebab itu sumber dokumen tak bisa ditelusuri kembali.

Menurut perwakilan dari salah satu layanan intelijen Barat, dokumen dua bagian tersebut merupakan upaya bersama yang dilakukan beberapa lembaga Rusia.

Seorang perwira intelijen Barat yang mengetahui soal dokumen tersebut mengatakan dinas intelijen Rusia, asing, dan militer Rusia termasuk dalam rencana pencaplokan tersebut. Sumber anonim itu menuding dokumen tersebut dibuat pada 2021 oleh Direktorat Kerja Sama Lintas Batas Kremlin.

Photo : U-Report

Sumber The Kyiv Independent di intelijen militer Ukraina mengatakan pihaknya tak bisa mengonfirmasi keaslian file tersebut.

Menurut dokumen tersebut, tujuan akhir Rusia adalah untuk menyelesaikan penggabungan Rusia dan Belarusia menjadi Union State.

Union State merupakan persatuan supranasional yang terdiri dari Rusia dan Belarus guna memperdalam hubungan kedua negara. Union State dibentuk pada 1999 dan bertujuan menciptakan konfederasi berdasarkan perjanjian pada 2 April 1997.

Sumber : Viva

Translate